Kravasia baru saja meluncurkan situs marketplace yang berfokus untuk menghubungkan pengrajin batik dan tenun dengan pembeli. Peluncuran situs marketplace batik dan tenun ini dilakukan bertepatan dengan perayaan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober lalu.
Menurut Kravasia, batik dan tenun merupakan salah satu potensi terbesar ekonomi di Indonesia yang dimotori oleh para pengrajin lokal. Terbukti pada tahun 2015, batik, tenun, dan kerajinan daerah juga telah ikut mendorong pertumbuhan industri kreatif mencapai nilai Rp642 trilliun atau sebanyak 7,1 persen dari produk domestik bruto (PDB) total Indonesia. Akan tetapi, menurut Kravasia, pertumbuhan industri batik, tenun dan kerajinan Indonesia belum optimal disebabkan keterbatasan pengrajin lokal terhadap akses informasi, teknologi, serta promosi produk.
Untuk itu, via siaran persnya, Kravasia menciptakan teknologi untuk dapat membantu setiap pengrajin lokal mengembangkan bisnisnya secara online melalui situs web kravasia.com, seperti display produk secara digital, dukungan promosi online. Kravasia juga melakukan pendampingan usaha lain seperti edukasi desain produk, layanan pemotretan produk, manajemen penyimpanan, serta layanan pengiriman ke luar negeri.
Melalui situs kravasia.com, calon pembeli dapat berbelanja dengan melihat koleksi batik terlengkap dari pengrajin atau merek batik yang ada di Indonesia, mulai dari kemeja dan setelan formal hingga batik untuk kegiatan santai dan produk-produk batik lainnya. Berbeda dengan situs lain yang juga menjual batik, Kravasia melakukan kurasi ketat untuk menjaga kualitas produk yang akan didaftarkan di kravasia.com. Kravasia juga menawarkan fitur spesial seperti pengembalian gratis, pengiriman gratis, dan pengemasan eksklusif untuk pemesanan. Ini menurut Kravasia dilakukan sebagai nilai tambah bagi pelanggannya untuk dapat berbelanja batik di kravasia.com.
Siaran pers Kravasia menyatakan bahwa dalam jangka waktu dua tahun, Kravasia memiliki misi untuk menjadi pusat batik, tenun, dan kerajinan tangan terbesar di Asia. Untuk mencapai hal tersebut, Kravasia melakukan pengembangan fitur untuk memudahkan para pengrajin lokal berjualan di Kravasia.com seperti pengembangan seller center dan peluncuran mobile app. Selain itu, Kravasia menyatakan akan terus melengkapi seluruh produk kerajinannya dari seluruh Indonesia dengan mengadakan pelatihan pengrajin dan pendampingan usaha di setiap daerah di Indonesia.