
JAKARTA, PCplus – Belanja online di tanah air makin hari makin menjadi hal biasa. Pembelinya terus bertambah. Begitu pula penjualnya. Begi pelaku e-commerce, bukan cuma keamanan transaksi yang menjadi masalah. Namun juga urusan logistik atau pengiriman barang. Konsumen kan maunya barang cepat diantar agar bisa langsung dipakai.
Namun urusan pengantaran barang belanja online ini, kata Noni Purnomo (Direktur Utama, NEX Logistics), bisa tidak lancar. Barang ditunggu-tunggu tidak datang misalnya. “Kadang-kadang saat barang diantar, tidak ada orang di rumah (untuk menerimanya), sehingga kurir kembali lagi. Ini menambah ongkos dan juga tidak nyaman,” terang Noni.
Nah, agar aspek kenyamanan dan juga kepastian (reliability) dari pengiriman barang itu tercapai, NEX Logistics meluncurkan layanan baru, yakni NEX KITA. Layanan kirim, titip dan ambil ini ditujukan untuk para pelaku e-commerce, mulai dari UKM sampai korporat. NEX KITA adalah loker-loker dengan beragam ukuran laci terkunci. Pelaku e-commerce bisa mengirimkan barangnya untuk dititip ke loker ini selama 2×24 jam. Nanti si pembeli (yang jarang di rumah) bisa mengambil pembeliannya di loker tersebut. Kunci loker hanya bisa dibuka jika PIN yang benar dimasukkan. PIN ini akan dikirimkan oleh pengirim barang ke e-mail pembeli.
Untuk layanan NEX KITA, NEX Logistics menjalin kerjasama dengan dua pihak: 7-11 (Sevel) dan Blibli.com. Blibli.com menjadi mitra pengguna pertama NEX KITA. Sementara Sevel menjadi lokasi gerai NEX KITA.
“Selama ini gerai dibuka berdampingan dengan Sevel. Yang terintegrasi baru dengan Blibli. Tapi setiap orang bisa titip barang di konter NEX KITA,” jelas Noni.
Eh tapi tidak semua barang yang kamu beli di Blibli.com bisa dikirim, titip di loker NEX KITA ya. “Ada 36 ukuran (loker) yang berbeda-beda. Bisa untuk ponsel. Ukuran terbesar (loker) 40×50 cm,” tutur Kusumo Martanto (Chief Executive Officer, Blibli.com). “Transaksi e-commerce masih didominasi untuk barang-barang yang ukurannya tidak terlalu besar,” tambahnya.
Selain Blibli, pengguna jasa logistik NEX Logistics juga dapat memanfatkan loker NEX KITA untuk titip barang. Per hari tarifnya antara Rp 5 ribu – Rp 10 ribu, tergantung ukuran loker. Begitu jelas Fernicco Kusumo (Chief Operating Officer, NEX Logistics).
Gerai NEX KITA pertama sudah diresmikan akhir pekan lalu (11/7/2015) di lokasi 7-Eleven (Sevel) Matraman, Jakarta. Peresmian ini, tutur Henri Honoris (Direktur Utama, PT Modern Sevel Indonesia), bertepatan dengan peringatan Sevel Day di seluruh dunia.