
JAKARTA, SENIN – Mana yang lebih mudah? Merebut gelar juara atau mempertahankannya? Menurut banyak orang dan perusahaan, lebih susah yang kedua.
Nah, Canon ternyata berhasil melakukannya (mempertahankan gelar juara) selama lima tahun berturut-turut. Ya, sejak tahun 2008, merek asal Jepang ini selalu berhasil mendapatkan (kembali) gelar Top Brand Award dari Frontier Consulting Group dan Majalan Marketing. Tahun ini, Canon kembali mempertahankan gelar tersebut untuk dua produk: camcorder dan kamera digital.
Penghargaan dari kedua lembaga tersebut menjadi bukti kehebatan Canon dalam membangun kekuatan mereknya di tanah air. Top Brand Award 2012 untuk kamera digital Canon diterima oleh Direktur Layanan Purnajual PT Datascrip (distributor produk Canon) Budianto Iskandar, sedangkan untuk camcorder diterima oleh Customer Support Manager Canon Division PT Datascrip Adi Sucahyo.
Sekadar info, penghargaan Top Brand Award 2012 diberikan berdasarkan riset yang dilakukan Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing terhadap 3600 responden. Ada tiga parameter yang dipakai dalam riset, yaitu: Top of Mind Awarness (merek yang pertama kali disebut responden ketika sebuah kategori produk disebutkan), Last Used (merek yang terakhir kali digunakan responden), dan Future Intention (merek yang ingin digunakan pada masa mendatang).