JOGJAKARTA, RABU – Sektor UKM (usaha kecil menengah) terus tumbuh pesat di tanah air. Sektor ini diyakini banyak pihak lebih tangguh menghadapi beragam tantangan dunia bisnis. Bisnis waralaba adalah salah satu yang dianggap sangat menjanjikan pertumbuhannya. Data Wali (Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia) mengungkap, tahun lalu bisnis waralaba membukukan pendapatan Rp 120 triliun. Tahun ini, angka tersebut diprediksi naik 20%, atau akan mencapai Rp 144 triliun.
Nah dalam rangka membantu pertumbuhan sektor UKM, khususnya di sektor waralaba, Lenovo telah berkolaborasi dengan Info Franchise Club. Melalui proyek Entrepreneurial Spirit with IT Smart Investment Lenovo, dua pemberi lisensi waralaba terbesar, Salemba dan Cipta Tour, sepakat untuk mengimplementasikan teknologi Lenovo di kantor-kantor cabang miliknya dan yang diwaralabakan. Mereka akan mendapat pasokan PC yang didesain khusus oleh Lenovo, seperti laptop ThinkPad T420, ThinkPad X220, ThinkPad Edge E420s & E220s, Lenovo V470 & V470c dan Lenovo B470, dan desktop All-in-One ThinkCentre Edge 91z, untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas dan laba bisnisnya.
Salah satu contoh sukses pengguna teknologi Lenovo di bisnis waralaba lokal adalah Javapuccino.”Unit ThinkCentre Edge 91z All-in-One yang kami gunakan memiliki keunggulan-keunggulan yang unik. Produk ini menghemat tempat, tidak ada kabel yang berseliweran dan bekerja dengan daya listrik yang rendah sehingga memangkas biaya listrik secara signifikan. Saya juga sangat mengapresiasi teknologi ThinkVantage yang telah tertanam di dalam ThinkCentre Edge 91z karena teknologi tersebut memudahkan kami dalam mengelola sistem seperti proses backup data. Dengan backup data secara teratur melalui dukungan teknologi tidak ada lagi cerita-cerita menakutkan seperti data yang rusak atau corrupted, yang sebelumnya pernah kami alami,” papar Asmui Kammuri, pemilik lisensi waralaba Javapuccino.
Kolaborasi Lenovo dengan Info Franchise Club akan terus berlanjut melalui serangkaian seminar, pertemuan dan workshop di berbagai kota di Indonesia. Di acara-acara tersebut, Lenovo dan para eksekutif papan atas dari pemberi lisensi waralaba lokal akan berdiskusi dengan calon-calon pewaralaba mengenai berbagai aspek bisnis waralaba sehingga mereka memiliki rasa percaya diri untuk memulai bisnis waralaba dan siap untuk menghadapi semua tantangan di bisnis ini.