“Kami melihat pertumbuhan industri ritel di Indonesia sangat menjanjikan,” terang Eddy Soloan, Kepala Bisnis Microsoft Dynamics, PT Microsoft Indonesia. Melihat potensi ini, Microsoft lalu mencoba member solusi bisnis dengan produk Microsoft Dynamics AX for Retail. Dengan solusi hulu hingga hilir yang terintegrasi ini, Microsoft mengklaim dapat membantu para peritel kian mengembangkan bisnisnya.
Bagaimana caranya? Dengan bantuan Microsoft Dynamics AX, kamu sebagai pemilik usaha ritel bakal lebih punya visi yang jelas soal apa yang terjadi di toko-toko kamu. Sebab, layanan Dynamics AX saling terintegrasi.
Solusi ini menyediakan layanan mulai dari garda terdepan kasir, dengan menyediakan perangkat point-of-sales (POS) alias mesin kasir, ketersediaan barang dagangan, kelancaran arus barang, pelaporan keuangan di backend, hingga pemrosesan segala laporan yang dikirimkan dari toko-toko ritel itu ke meja direksi pusat. Pemrosesan laporan dari tiap toko ritel dilakukan oleh perangkat lunak Business Intelegence Microsoft. Hasilnya, kamu sebagai pemilik bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih nyata dan mendalam mengenai apa yang terjadi di toko-toko kamu. Sebab, laporan dari business intelegence menjelaskan soal perubahan permintaan pelanggan, stok pasukan produk, kinerja operasional tiap toko, dan sebagainya.
Dengan laporan tersebut, kamu sebagai pemilik bisa menentukan langkah-langkah apa yang perlu dilakukan untuk memuaskan pelanggan, mengefektifkan pekerja di tiap toko, dengan segera. Dengan respon cepat seperti ini diklaim Microsoft bakal membantu kamu memenangkan kompetisi dengan peritel lainnya dan menarik simpati pelanggan agar menjadi loyal.
“Solusi bisnis…ini dapat membantu para pengusaha ritel lebih efisien dalam menjalankan operasi bisnis dan membantu perusahaan mengantisipasi perubahan atau tuntutan industri ritel yang dinamis,” tandas Eddy.